Padang – Ulakan – Pariaman

krupuk udang @ulakan 2014

krupuk udang @ulakan 2014

setiap daerah laut, kemungkinan besar punya camilan khas yg terbuat dari panenan dari laut ( tentunya ). 2 minggu lalu mampir ke pesisir sumatra barat dan menemukan jenis cemilan spt ini. tempat yg kita datengin bernama ulakan.

km 0 @ulakan 2014

km 0 @ulakan 2014

di mana kah ulakan ? di selatan kota pariaman. bisa ditempuh dari bandara internasional minangkabau, ke arah utara. perjalanan dari bandara sekitar 30 – 45 menit dgn kondisi yg baik. cuma agak sempit aja. apa tanda2nya udah sampe di ulakan ? gampang 🙂 tandanya banyak tenda2 jualan makanan spt ini dan tentu saja banyak peziarah yang datang ke makam syekh burhanudin ulakan ( syeh tareqat sattiriyah ).

seperti dalam gambar pertama, itu adalah krupuk udang. satu krupuk satu udang. cukup besar tapi ya cukup lah utk yg penasaran. bentuk cemilan lainnya spt ini :

kepiting @ulakan

kepiting @ulakan 2014

kepiting utuh, dikasih tepung dan garam lalu digoreng. jadi deh bentuknya seperti ini. sangat renyah soalnya kepitingnya tidak terlalu besar. tapi tetap saja, begitu menggigit bagian capit, aduh, musti hati2 dan sabar. kalo ndak gigi yg patah.

ok. itu di ulakan, menyajikan kepiting “dewasa”. ada yg lebih “kejam” dari itu. aku temui ini di pantai baron yogyakarta.

kripik anak kepiting @baron 2013

kripik anak kepiting @baron 2013

ndak terlalu dekat difoto, jadi ndak keliatan banget bentuk kerupuknya. thn 1992 pernah ke sini dalam rangka nekad java tour dan menjepret makro kerupuk ini cuma blum sempet nyari arsip cetaknya apalagi nye-scan. kerupuk ini terbuat dari puluhan anak kepiting “hidup”. iya, tadinya hidup. tapi dgn kejam anak2 kepiting yg lucu ini dijemur sampe mampus.

jemuran anak kepiting @baron 2011

jemuran anak kepiting @baron 2011

setelah dijemur, mati, lalu diangkut dan dikasih tepung dan garem. digoreng deh. saya kurang paham jg, bagaimana para nelayan bisa mendapatkan anak kepiting segini banyak. apakah mereka ambil dari dalam tubuh induk kepiting lalu ditetaskan ? kok rasanya agak aneh jg, emang bisa netas di atas pasir ? atau ini emang nyari anak kepiting dan bisa dapet segini banyak ? bagaimana nyarinya ?

ntah lah, tidak peduli 🙂 yg penting anak2 ini sudah dlm bentuk krupuk dan siap digigit. tidak usah risau memikirkan hal yg tidak perlu 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *