Tuanku Nan Renceh

papan petunjuk makam @kamang 2014

papan petunjuk makam @kamang 2014

tuanku nan renceh, tidak banyak orang tahu. beliau adalah salah seorang kawan seperjuangan imam bonjol waktu perang paderi di sumatra barat. mungkin bisa disandingkan dgn sentot ali basa terhadap pangeran diponegoro. makam beliau terletak di kamang, tidak jauh dari tarusan kamang. sebelum ketemu dgn tarusan, pasti ketemu makam ini dulu.

setelah ketemu plang ini, terus masuk. hmm..tidak ada papan petunjuk lagi. bingung dan akhirnya bertanya. oo..terus jalan aja pak, nanti ada pertigaan ambil kanan..nanti ketemu makamnya di situ. ok uda, terimakasih. lanjut.

cungkup makam @kamang 2014

cungkup makam @kamang 2014

akhirnya ketemu makamnya. dgn cungkup yg sederhana, bercat putih dan nampaknya baru dibersihkan. pas masuk, banyak ayam sedang sibuk cari makan di dalam cungkup tsb. makam ini seperti layaknya makam2 lain, berada di kompleks pemakaman tua dan di bawah pohon beringin.

makam tuan ku nan renceh @kamang 2014

makam tuan ku nan renceh @kamang 2014

dan ini lah makam beliau. ada dua makam, di kanan adalah makam tuanku nan renceh dan di kiri adalah makam ibunda beliau.

nisan @kamang 2014

nisan @kamang 2014

dari batu nisan ini, terlihat bahwa makam sudah selesai dipugar pada tanggal 13 desember 1966 oleh Jonif 132 / Bima Sakti.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *