Kauman

gerbang perkampungan muhammadiah @yogya 2013

gerbang perkampungan muhammadiah @yogya 2013

jalan-jalan ke yogya, rugi rasanya jika tidak mendatangi tempat2 bersejarah. salah satu yg kami datangi thn 2013 adalah perkampungan muhammadiyah tumbuh dan berkembang. di kampung ini pula ada rumah pendiri muhammadiyah, yaitu KH Ahmad Dahlan dan mesjid pertama yg mereka buat.

awalnya dari belanja batik. berhubung yg milih batik luaaama banget, ya sudah cari kesibukan sendiri. saat itu baru sadar bahwa toko batik ini terletak pusat perkampungan muhammadiyah yg tidak jauh dari km 0 Yogya ( perapatan malioboro dan kantor pos ).

ada gerbang besar lengkap dgn lambang dan tahun berdirinya muhammadiyah. masuk ke dalam dan menyusuri gang ini satu per satu. untung lah ditemani orang yg ngerti daerah sini. emang perlu guide sih, kalo perlu yg emang orang sini jg supaya bisa cerita ini itu sepanjang perjalanan.

@yogya 2013

musholla aisyiah @yogya 2013

ini adalah musholla kaum perempuan, dari plang jelas : khusus wanita. artinya bagi anda yg laki2 tidak ada kepentingan masuk gedung ini, kecuali benerin genteng.

 

@yoga 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

dari tiga photo di sini terlihat banyak bangunan tua yg masih terawat dgn baik. lingkungan dalam gang ini pun bersih dan resik. memang ada aturan di sini bahwa kalo bawa motor tidak boleh dinyalakan, tapi harus didorong. ndak tahu persis, apakah aturan ini berlaku 24 jam atau tidak.

yg jelas sepanjang bulan ramadhan di sepanjang gang ini, banyak orang berjualan makanan bukaan puasa. waktu itu, jelas bukan bulan puasa, jadi gak ada yg jualan.

rumah ahmad dahlan @yogya 2013

rumah ahmad dahlan @yogya 2013

dan ini lah rumah beliau. terlihat di atas pintu tertulis : KH Ahmad Dahlan. rumahnya sederhana saja dan kelak kesederhanaan beliau banyak diteladani warga muhammadiyah, misalnya seperti pak AR Fachrudin. utk ukuran pendiri ormas islam yg terbesar di indonesia, rumah ini terhitung sederhana dan masih dipakai keseharian oleh ahli warisnya.

mesjid @yogya 2013

mesjid @yogya 2013

dan ini lah mesjid awal yg dibuat oleh beliau, terdiri dari dua lantai. di bawah utk kantor dan sekolah, di atas nya utk tempat sembahyang.

musholla @yogya 2013

musholla @yogya 2013

dan ini lah daleman dari musholla tersebut. sederhana saja.

mihrab imam @yogya 2013

mihrab imam @yogya 2013

dan ini mihrab imam. seperti layaknya mesjid2 muhammadiyah lainnya, tempat ini pun nir ornamen. tidak ada hiasan kaligrafi sama sekali. yg ada hanya lubang angin.

lubang angin @yogya 2013

lubang angin @yogya 2013

ada 5 lubang angin di mihrab. tidak ngerti apa maksudnya 5 lubang ini. bisa jadi hanya pemikiran random arsiteknya atau melambangkan rukun islam. dunno.

sekolah playgroup @yogya 2013

sekolah playgroup @yogya 2013

di seberang mesjid, ada bangunan mirip gudang dgn pintu yg terbuka. terlihat ada bbrp ibu2 yg sedang menunggu. ternyata di sini ada semacam sekolah sore / pengajian utk anak2 sekitaran sini.

@yogya 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

@yogya 2013

dan kita kembali ke toko batik, via jalan gang yg berbeda. kembali menelusuri bangunan2 yg ada yg kadang terlihat keunikannya. bbrp gedung di sini sengaja tidak dimodif sama sekali, mempertahankan apa yg ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *