Ikhlas Berjuang

baliho ahmad dahlan @yogya 2011

baliho ahmad dahlan @yogya 2011

berjuang bukan hal mudah. pertama yg harus dilawan adalah diri sendiri dulu, jika sudah manteb, baru lah mulai berkiprah di luar. atau sekaligus keduanya dijalankan secara paralel. jangan sampai berjuang di luar tapi yg di dalam tetap dibiarkan tumbuh liar tak terawat.

begitu saya melihat “kata-kata mutiara” pada banner ini, saya lansung tersenyum. “Hidup-hidupi lah Muhammadiyah, jangan mencari hidup dalam Muhammadiyah”, ini sebenarnya bukan kata mutiara, juga bukan sebuah warning. mungkin mendekati curhat pak kyai ahmad dahlan terhadap sikap orang-orang yg ada di dalam naungan organisasi yg sedang dia rintis.

pernah berada pada jenis organisasi spt ini, di mana jenis orang2 oportunis memang ada. tidak hanya di parpol, di ormas agama pun, ada. bahkan yg berjenis tarekat sekali pun. karena pada dasarnya, manusia punya dua tampilan : dalam dan luar. bentuk dalaman ini hanya bisa teramati dgn berjalannya waktu dan kedekatan interaksi. sisanya hanya bentuk luar yg mudah teramati.

berjuang, apalagi mengatasnamakan agama adalah hal berat. jika menjalaninya dgn ikhlas dan niat yg benar, tidak belok-belok, insyaAllah bisa mencapai tujuan. semoga Tuhan membantu siapa pun yg ikhlas berjuang. bahkan yg tidak mengatasnamakan agama sekali pun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *