Penjara Banceuy

pagar berbalut merah putih @banceuy 2013

pagar berbalut merah putih @banceuy 2013

per hari ini ( 20130817 ), utk kedua kalinya saya usahakan mampir ke salah satu petilasan sejarah kemerdekaan RI, yaitu penjara banceuy. BK selepas dari kampus, ternyata tidak tertarik utk jadi engineer seratus persen. dia memang mendirikan konsultasi sipil bersama kawannya tapi nampaknya tidak terlalu serius di situ. dia lebih sering jadi singa podium dan menggelar rapat dari meja ke meja. agendanya hanya satu : persatuan indonesia utk mencapai indonesia merdeka.

pintu penjara @banceuy 2013

pintu penjara @banceuy 2013

di atas podium, BK terlihat sangat menguasai massa dan sewaktu berbicara, dlm sekejap pemirsa lansung terdiam. seperti tersihir. jika sudah demikian, semua atensi bisa didapatkan dan apa yg diutarakan akan jauh lebih menginspirasi. setiap kali dia manggung, pasti ada intel yg datang dan mengamati. BK sudah berkali2 diperingatkan rekan2nya utk leboh cooling down, tapi tidak. dia tetap mengusung tema yg sama. sampai sebuah titik, dia dibekuk dan diadili.

kamar penjara @banceuy 2013

kamar penjara @banceuy 2013

seperti layaknya pengadilan saat ini, tersangka berhak membela diri. kawan2 BK sudah menyiapkan semua, terutama sang tersangka sendiri yg  perlu membangun mentalnya agar tetap utuh. pertama kali dibekuk, dia ditempatkan di penjara banceuy. anda bisa bayangkan kehidupan rumah tangga BK spt ini : suami sibuk berpolitik dan gak ada waktu lagi utk mencari nafkah, istri yg sibuk banting tulang menghidupi rumah tangga. sudah takdirnya, BK mendapatkan istri yg sangat mandiri, mengayomi dan rela berkorban. berkorban ? ya, bu inggit rela melakukan apa saja. mulai dari melinting tembakau sampai berjualan kutang. dia redho tidak menerima nafkah dari suami karena dirinya paham menikah dgn siapa, orang yg berani punya impian bahwa indonesia bisa merdeka.

kamar no. 5 @banceuy 2013

kamar no. 5 @banceuy 2013

setelah BK masuk banceuy, kesibukan bu inggit bertambah. selain mencari nafkah dia jg menjenguk suaminya, membawakan makanan, membawa berita bak intel via kode2 tertentu di packaging makanan. yg terpenting adalah dia menjaga mental suaminya agar tetap utuh dan bertahan sampai akhir. semua laki2 besar tentu ada perempuan handal di belakangannya. BK belum menjadi siapa2 waktu itu, tapi bemper dan support yg didapatkan dari bu inggit membuat dia bisa berjuang.

kamar no. 5 @banceuy 2013

kamar no. 5 @banceuy 2013

banceuy yg kami datangi siang ini sepi sekali. begitu parkir saya lansung bertanya apakah pak kuncen ada di tempat. kedatangan saya sebelumnya pak kuncen tidak ada. dan ternyata kali ini pak kuncen jg sudah tidak ada, pulang kampung ke kuningan. tukang parkir menyarankan saya utk manjat pagar agar bisa masuk ke situs. saya membawa anak2 ( perempuan semua ) dan ternyata dgn senang hati mereka ikut lompat pagar. mohon maaf pak kuncen.

tugu @banceuy 2013

tugu @banceuy 2013

ada bangunan hijau di tengah2, yg merupakan kamar penjara no. 5 yg dulu dipakai BK utk kost. kamarnya cukup sempit, sekitar 1.5 x 2 meter. tidak ada jendela, hanya ada ventilasi di pintu atau di bagian atas. ruangan ini merupakan kamar isolasi krn tidak mungkin ada kawan yg menemani. tidak ada WC atau air, yg ada hanya kaleng bekas sebagai penyimpanan tinja dan kencing utk sementara. tempat tidur hanya berupa papan memanjang spt bangku tunggu.

himpitan gedung kiri kanan @banceuy 2013

himpitan gedung kiri kanan @banceuy 2013

di dalam ruangan isolasi ini, BK menyusun pembelaan akhir / pledoi berjudul indonesia menggugat. sebuah masterpiece yg dihasilkan dari dalam penjara isolasi. meja tempat BK menulis adalah kaleng tinja ditutup dgn tripleks. hanya ditemani lilin. perlu mental yg waras dan kuat hanya utk bertahan hidup di sel isolasi. utk menulis masterpiece di sel isolagi, perlu lebih dari itu semua ! penulis harus berwawasan luas ( tanpa bergantung sama google ) dan letupan semangat yg terus menyala ( kadang batere BB habis aja udah mati gaya dan males ngapa2in ).

masterpiece ini dibacakan di depan hakim. secara terang2an belanda digugat tanpa tedeng aling. ini adalah pembelaan panjang lebar. Indonesia menggugat sudah dijadikan buku setebal 188 halaman oleh penerbit Idayu Press. beberapa tahun sebelumnya, nun jauh di seberang laut sana, bung hatta membacakan pledoi yg sama kerasnya menuding londo yg sudah mabuk nikmat di atas penderitaan bangsa Indonesia. kelak dua orang akhirnya bersinergi setelah BH “liburan panjang” di banda neira dan BK “kepincut bini muda” di bengkulu.

utk semua pahlawan bangsa yg sudah mengorbankan *semuanya* utk bangsa dan tanahair, al fatihah…..
ya Tuhan, ampunkan lah dosa2 mereka, terima lah mereka di sisi Mu, angkat lah kemuliaan mereka…
tanah yg kami pijak, udara yg kami hirup secara bebas adalah hasil pengorbanan mereka…

tolong jgn kencing di sini @banceuy 2013

tolong jgn kencing di sini @banceuy 2013

maafkan ironi saya kali ini. cuma terlalu sedih saya membaca tulisan besar di situs petilasan ini : DILARANG BUANG SAMPAH DAN KENCING DI SINI. setidaknya ada 4 tulisan yg sama terlihat di sekeliling situs ini. nampaknya sedikit sekali orang sekitaran sini yg paham ini sebenarnya tempat apaan. posisi petilasan ini terkepung kompleks ruko dan KCU bank panin. pertama kali datang, pintu masuknya bahkan terhalang gerobak batagor. sekitar 15 meter dari situ, ada karaoke dan spa. lengkap sudah keanehan situs ini. mereka hanya tahu, ini sebuah spot menarik utk buang sampah dan numpang pipis secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *