Panjujugan

By | February 6, 2019

Per hari imlek kemaren, kami mengadakan kulap. Rekan2 saya kali ini semuanya dari jurusan biologi. Kulap itu istilah mereka utk kuliah lapangan yg kerjanya muter2 ke berbagai area. Mencatat berbagai hal, mulai dari serangga hingga kekelawar.

Yg kami samperin kemaren adalah panjujugan. Tempat ini lebih terkenal dgn sebutan cilembu. Siapa yg gak kenal ubi cilumbu ? Pasti tahu semua. Nah lokasi pajujugan ini persis berada di cilembu.

Apa sebenarnya yg kami kulapkan di sini ? Kami mendapatkan tawaran yg sulit ditolak : kerjasama pengolahan lahan.

Tapi bukan itu yg hendak saya ceritakan, tp ttg penjujugan itu sendiri. Lokasi area “wisata” nya sangat luas, sekitar 60 ha dgn aneka tanaman tersedia di sana. Mulai dari pinus, nanas, lengkeng, manggis, kopi, kacang mete dan tentu saja ubi.

Kami cuma berkeliling pada titik-titik tertentu saja setelah mendapatkan briefing lansung dari pemiliknya, yaitu pak jajat dari biologi 76.

Salah satu yg menarik buat saya adalah masih baiknya kondisi ekosistem yg ada. Saya sebut “masih” krn bbrp dekade lalu area ini gersang dan kondisi mata air nya menghilang. Skrg kondisinya sudah jauh lebih baik.

Ini bbrp serangga yg tertangkap oleh mata :

Bravo utk pak jajat yg sudah berupaya keras utk mendapatkan “sekeping surga” dan membuatnya bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *