Sekelumit Sistem Resi Gudang

By | November 25, 2017

sistem resi gudang ( srg ) sudah agak lama ada, mulai 2006. sistem ini dihandle oleh bappepti. brosurnya dapat diunduh di sini. setelah membaca dan mendalami, ada bbrp hal yang jadi pemikiran :

  1. srg dibangun agar petani dapat menyimpan hasil panennya. bukan utk dijual karena saat panen raya ( biasanya harga jatuh ).
  2. dgn penyimpanan, petani pegang resi gudang utk selanjutnya dapat diagunkan ke bank utk memperoleh modal utk musim tanam berikutnya.
  3. setelah browsing ke bbrp bank yg menerima agunan resi gudang dan juga nilai tukar petani, rasanya ada yg gak masuk hitungan.
  4. nilai tukar petani kadang di bawah 100. artinya kalo di bawah 100, hasil panen tidak bisa mencukupi kebutuhan petani dan modal tanam berikutnya.
  5. agunan resi gudang diterima bank lalu dapat dikucurkan pinjaman senilai 70 % nilai agunan.
  6. simpan barang di gudang, tidak gratis. ada biayanya. saya coba install SRG mobile ( hanya ada di playstore ) utk dapat memperoleh simulasi biaya. sayangnya aplikasi tsb tidak dapat digunakan utk user baru. saya coba register selama 2 hari, failed dgn alasan koneksi internet. alasan yg tidak masuk akal mz.
  7. saya coba menghubungi BJB via web tapi udah 3 hari web nya mati gak jelas. menghubungi BSM, cuma blum ada callback. saya mau tahu sistem agunan dan kredit yg ditawarkan dari srg ini. info srg jg ada di bank jateng dan jatim.
  8. permasalahannya adalah : nilai 70 % tersebut tidak akan banyak berguna utk musim tanam berikutnya  + kebutuhan petani sehari2 + biaya simpan srg. karena nilai 70 % tersebut tidak cukup ! lihat saja nilai tukar petani yg kadang di bawah 100. nilai 70 % tadi baru dapat berguna JIKA penyimpanan hanya berlaku dlm masa singkat, misal 1 Р2 bulan saja. lalu nilai komoditas naik dan dijual. asumsinya dgn kenaikan tsb nilai tukar petani sudah di atas 100, misalnya 110 atau 120. itu baru masuk.
  9. permasalah klasik lainnya : utk sampe ke gudang, komoditas harus memenuhi standard yg lumayan ketat ( ini baik utk petani agar proses pasca panennya diperbaiki ) dan juga errr…biaya logistik dari lokasi petani ke gudang. ternyata jumlah gudang belum banyak. sekitaran bdg hanya ada di cianjur dan tasik. misalnya saya nanem sawah di garut, maka harus bawa hasil panen ke tasik. ini biaya lagi. ntah lah gimana apakah nanti hitungan2nya masih masuk apa ndak.
  10. apa pun itu, srg ini akan membantu petani punya dana cadangan. menjual saat harga baik / tinggi adalah impian semua petani. dan itu bisa dijembatani dgn srg ini.
  11. done.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *