Dawuk

By | August 31, 2017

https://www.goodreads.com/book/show/35438585-dawuk

membaca judulnya, mengingatkan saya dgn judul novel umar kayam yg berjudul Bawuk. tentu saja, cerita bawuk dan dawuk sungguh berbeda, mulai dari alur sampai latar cerita. ok lah, begini :

dawuk adalah orang yg sangat sial. buruk rupa dan dijauhi orang. dlm keadaan nestapa ditinggal ibunya yg meninggal, bawuk jadi orang yg tak diinginkan di kampung. dia tak terurus, lebih tepatnya bapaknya tidak mau ngurus. singkat cerita, merantau ke malaysia dan jadi pembunuh bayaran.

dalam hidupnya yg kelam, dia bertemu inuyatun. orang yg berasal dari desa yg sama dgn reputasi gonta ganti laki2 yg panjang. waktu bertemu dawuk, dia sudah menikah 3 kali. singkat cerita, inuyatun diselamatkan oleh dawuk dari suami ketiganya dan akhirnya menikah dgn dawuk.

setelah menikah mereka pulang kampung dan hebohnya desa tsb. mertua dawuk ngamuk2 dan tidak mau terima anak perempuannya bawa suami macam itu dan terpaksa mereka hidup jauh dari desa, tinggal dekat hutan. dawuk sudah bersumpah utk berhenti jadi pembunuh ketika menikah, jadi lah dia seorang petani.

tapi apes, inuyatun masih mengundang laki2 secara alamiah. tidak diundang, datang lah dua orang : jagawana dan blandongan. dua orang ini “menyelesaikan urusan” dgn inuyatun sewaktu suaminya pergi ke ladang. pergumulan terjadi, inuyatun mati, jawagawa juga mati ( oleh rekannya sendiri ). satu orang lagi terlanjur dipergoki dawuk dan meluncur ke desa dan membuat berita bohong bahwa dawuk lah yg membunuh mereka berdua.

dari sini cerita mulai menggangu akal sehat. dawuk diamuk massa, tergeletak dan diangkat polisi. 3 hari kemudian, masih bisa bangkit dan pulang ke desa. diajukan ke pengadilan, saksi kunci melarikan diri dan datanglah saksi kunci lainnya : kakek dawuk yg sudah menghilang 23 thn. saksi kakek ini memutar semua tuduhan. tapi tetap jatuh putusan penjara 15 thn.

singkat cerita, dawuk berkekuan “baik” dan dapat remisi. dlm waktu kurang dari 15 thn dia keluar dan kembali ke desa. kali ini semua pihak yg punya dendam menuntaskan urusannya : mertua, keluarga jagawana dan keluarga blandongan. kali ini dawuk diikat di rumahnya dan rumah tsb dibakar.

dua kali sudah dawuk diamuk massa. yg pertama selamat. yg ini tidak jelas. kisahnya dibuat menggantung, ntah siapa bangkai yg ditemukan dalam rumah tsb esok harinya. yg jelas semua orang yg melakukan amuknya terkena sirep dan tertidur di tempat.

tidak masuk akal krn dawuk bisa mati dua kali, termasuk kakek misterius itu.

===

 

gaya bercerita : bertutur. kalo dalam budaya minang, novel ini dituturkan oleh tukang kaba keliling. dia berbagi cerita di warung kopi dgn imbalan rokok dan kopi. ternyata tukang kaba ini pun masuk ke dlm plot cerita tsb. spt jeruk makan jeruk. gaya bertutur nya itu, spt kita sedang duduk satu warung kopi dgn tukang kaba tsb.

waktu membaca ini, saya lansung teringat dgn gaya bercerita milik eka kurniawan dalam lelaki harimau. tapi mahfud tidak sevulgar eka dlm bercerita adegan ranjang. dan yes, spt kata kalis, ini emang sebuah roman dgn sad ending.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *