Suryadi Suryadarma

By | May 25, 2017

Suryadi suryadarma, tepatnya raden suryadi suryadarma adalah tokoh militer awal berdirinya negara ini. Beliau diangkat sebagai bapak angkatan udara. Menelusuri biografi tokoh-tokoh pergerakan bangsa adalah hal yg menarik karena di dalamnya kita bakal mendapatkan cerita dibalik berita. Lebih lengkap dan lebih personal. Dari sudut pandang tokoh tsb, kita bisa mendapatkan view lain. Dgn view ini kita bisa membaca even sejarah lebih komprehensif lagi.

Pak suryadarma ini sosok yg agak misterius buat saya. Saya bertanya begini ke salah seorang perwira AU : hampir seluruh bandara besar di pulau jawa ini memakai nama perwira AU generasi awal, lalu kenapa saya tidak melihat bandara bernama suryadarma ? Dia tersenyum dan menjawab : ada bandara suryadi suryadarma, letaknya di kalijati. Saya manggut2 sambil berusaha mengingat emangnya ada bandara di kalijati ?

Ternyata ada dan itu adalah bandara utk sekolah penerbangan militer jaman londo dulu. Di sekolah itu pula suryadarma mendapatkan brevet Navigator. Banyak hal yg saya dapatkan dari buku, poin-poin pentingnya sebagai berikut :

1. Suryadarma merupakan orang “hindia belanda” pertama yg lulus sekolah militer breda. Saat itu, angkatan udara belanda adalah cabang dari angkatan darat. Jadi suryadarma sesungguhnya adalah orang angkatan darat secara akademi, tepatnya infantri.

2. Melanjutkan sekolah, suryadarma tetap beringinan utk jadi penerbang. Dia bersekolah di kalijati. Sayangnya sewaktu test, terkena malaria sehingga hasilnya minim. Rekan sekolahnya waktu di breda dulu, memberikannya latihan ekstra. Lalu suryadarma ikut remedial dgn hasil yg baik. Sayangnya pimpinan sekolah tetap tidak meluluskan. Kelak setelah ada audit, baru lah suryadarma diluluskan tapi tdk sbg penerbang melainkan navigator.

3. Sebelum pengakuan kedaulatan, au tergolong “miskin” sarana dan infrastruktur. Hanya ada bbrp pesawat dan pesawat modifikasi yg bisa dipakai utk urusan militer. Utk keperluan angkutan sipil, masih diurus oleh au dan utk memenuhinya kita menyewanya dari bbrp personal. Bukan dari perusahaan.

4. Kapal bernama seulawah beruntung, masih ada bentuknya sampai skrg dan dinamai RI-001. Sementara pesawat satunya lagi yg merupakan sumbangan dari rakyat minangkabau, tidak berumur panjang. Dalam bbrp kali penerbangan, dia menemui ajal dan seakan2 namanya hilang dari sejarah.

5. Terjadi beberapa kali insiden terkait internal au dan politik yg berlansung yg mengakibatkan suryadarma mengundurkan diri. Setidaknya sudah dua kali dia minta mundur dan keduanya ditolak bk. Kelak terkait insiden kapal macan tutul, akhirnya suryadarma “dipecat” dan menunjuk omar dani sebagai gantinya. Khusus insiden macan tutul ini, akan aku tulis terpisah.

6. Suryadarma tergolong tidak punya uang banyak, bahkan waktu beliau meninggal, rumahnya masih mencicil. Setelah keluar dari dinas militer, dia menjalankan “usaha” jualan batu akik. Batu akik adalah hobinya sejak lama dan kelak jadi penyambung hidup. Satu lagi hobinya adalah filateli.

7. setelah dipecat dari dinas militer, beliau jadi penasehat presiden tapi tidak lama. Selanjutnya thn 66 sempet diminta jadi mentri dan terus sampai bk dilengserkan.

8. Salah satu hal yg saya penasaran adalah sepak terjang bu utami suryadarma. Dia jadi sasaran empuk karena ditenggarai terlibat dgn pki. Saya penasaran atas kebenaran hal tsb, yg sayangnya dalam buku ini tidak ada disebutkan sama sekali. Dan ternyata buku ttg bu utami sudah terbit lebih dahulu. Bisa dikatakan, bu utami salah satu dari mungkin 3-5 orang perempuan yg sempet moncer namanya dlm perpolitikan negara waktu awal berdiri.

Sementara, ini dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *