pkgsrc untuk semua

By | October 4, 2016

pkgsrc milik netbsd awalnya dikembangkan sebagai forking dari ports freebsd. netbsd sebagaimana kita tahu, adalah keluarga bsd yg paling banyak jalan di macam2 arsitektur. mulai dari x86 sampai amiga ( ada yg tahu amiga itu apaan ? ).

awalnya saya cuma mau coba2 jalanin keluarga bsd secara kaffah. begitu coba netbsd, wah kok ini os minimalis sekali. lansung coba pkgsrc, package management berbasiskan binary dan source.

utk yg berbasiskan source, ini sangat mirip dengan ports dari freebsd. namun yg membuatnya sangat berbeda adalah portability. anda punya os unix yg sedang jalan di production tapi package managementnya amburadul ? silahkan coba pkgsrc. tanpa perlu berbuat macem2 sebelumnya, pkgsrc lansung bisa menjalankan instalasi packages with no flaw.

maksudnya, tinggal download pkgsrc.tar.gz, jalankan bootstrap dan voila, anda punya 17ribu packages catalog yg siap dijalankan. percobaan dirun pada :

– openbsd 6 amd64
– centos 7 amd64
– openindiana hipster amd64
– macosx tiger 10.4 powerpc
– macosx mountain lion 10.8 x86

dari semua itu, hanya satu yg gagal bootstrap yaitu mountain lion. itu pun gara2 clang yg somehow gak kompatibel dgn gcc 100 %. sedangkan mac jadul yg masih pake gcc, jalan normal.

lho, kok gak coba di freebsd ? ya gak perlu, udah pasti jalan. lalu kenapa ini koleksi katalognya cuma 17rb, dikit bener ? ah gak perlu pusing. mengingat katalog ini sudah proven utk bisa jalan di multiplatform tanpa masalah apa pun.

cuma ya instalasi berbasiskan source spt pkgsrc atau ports memang membutuhkan kesabaran extra. coba compile apache24 yg bejibun depedency butuh waktu lebih lama dari sekedar tidur siang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *