Empu Kardin

By | July 27, 2015

image

Pertama tahu beliau gara2 nyari pisau utk hadiah. Nemunya pun di internet. Ternyata lokasinya dekat, di sekitaran cihampelas.

Nyarinya agak susah krn plang nya kecil pisan. Terpaksa nanya kiri kanan. Begitu masuk, lansung di bawa ke showroom di bagian belakang rumah.

Ah..banyak sekali koleksinya. Silahkan dipilih…dan sesuaikan dgn kondisi kantong karena ini bukan pisau murah. kualitas nomor satu tentu bukan enteng di kantong. Terlebih, nampaknya sebagian besar user nya adalah kolektor pisau. Saya jadi merasa janggal ada di sini dgn dompet apa adanya.

Saya juga penggemar pisau, sudah belasan tahun kemana2 selalu bawa pisau lipat. Tools yg handy utk survival di kantor, rumah, hutan dan pantai.

Setelah liat2 koleksi dan ditemani oleh mas-mas yg baik, akhirnya saya mendapatkan barangnya. Pisau kecil yg nampaknya cocok utk berkelahi jarak dekat. Saya jg heran dgn pilihan ini mengingat ini dibeli utk adik perempuan sebagai kado ultah. Terserah dia lah mau dipakai utk apa nanti.

Selang 6 tahun kemudian baru ada urusan ke sana lagi, menemani paman yg nyari pisau. Lansung saja direfer ke sana. Setelah nyasar lagi utk kedua kalinya, kami masuk. Sejak awal paman sudah tahu mau cari apa, jadi tinggal cocokkan dgn katalog yg ada. Sebuah golok utk motong sapi. Padahal dia bukan jagal secara profesi. Ah, namanya jg kolektor, tentu ingin barang2 terbaik.

Barangnya harus pesan, cukup kasih uang muka secukupnya. Sekitar bulan depannya, barang dikirimkan.

Waktu kami datang, pak tedi ada di tempat. Dia bercerita ttg pisau koleksinya yg paling awal. Tepatnya, pisau yg membuatnya jatuh hati pada benda ini utk ke depannya. Sebuah pisau buatan jerman, aku lupa jenisnya apa. Benda ini nyaris sudah jadi benda keramat. Dia tak akan jual sampai kapan pun. Dia perlihatkan pisau itu kepada kami.

Memang pisau bagus. Tapi saya gak paham banget kerennya di mana. Mungkin utk jungle combat, pisau ini memang handal. Pak kardin memang orang lapangan sejati, kawan dari pak prabowo. Pernah menemani prabowo dan team nya menyelamatkan tawanan yg diangkut GPK di papua sana.

Pengrajin high-end spt ini jarang ada. Seorang berpendidikan tinggi ( lulusan geologi itb ), kenyang asam garam lapangan dan punya skill dan passion tinggi dgn pisau. Saya curiga, orang ini keturunan empu sakti jaman dulu. 🙂

2 thoughts on “Empu Kardin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *