Rere Sang Drummer

By | June 28, 2015
rere dari http://zildjian.com/Artists/R/Rere-Reza

rere dari http://zildjian.com/Artists/R/Rere-Reza

siapa rere ? mungkin tidak banyak yg pernah dengar nama ini. beliau sering “berganti” band. mulai dari posisi anggota band sampe additional player. waktu sekolah, saya tidak pernah tahu grass rock, mungkin karena waktu itu bukan waktunya saya menyenangi jenis musik rock indonesia. saat itu masih tergila2 dgn yg lain.

nah, begitu kenal dewa19 baru lah saya kenal rere. tentu saja sulit buat penggemar musik yg tidak mendapatkan musiknya secara fisik. file musik ( mp3 m4a aac and so on ) hanya mendeliver file dan suara, nothing more. sedangkan album fisik menawarkan format kesenian yg lebih utuh : musik, cover album dan informasi lengkap ttg album itu sendiri ( relevan atau pun tidak ).

yg jelas relevan adalah siapa saja pemusik dalam album tsb. dewa19 punya drummer tetap waktu album pertama, tapi begitu masuk album berikutnya, posisinya kosong. album keduanya diisi oleh rere dan ronald. yg mana informasi ini hanya bisa dibaca pada cover fisik album tsb. mp3 tidak menyediakan informasi “gak penting” spt ini.

saat itu rere sudah tidak di grass rock karena vacuum. saya dengarkan album ini, format gebukan dan sound nya jauh beda dgn wawan ( drummer pertama dewa ). pada album dua dewa, rere bergantian dgn ronald. permainan dua orang ini bisa teramati jelas dari lagu ke lagu pada album ini.

pada album ketiga dewa, rere bermain satu album full. pada album ini lah saya mulai menyenangi permainan rere. sound nya masih sama spt album dewa sebelumnya tapi…somehow..album Terbaik-terbaik memang lah beda. permainan drum tidak bisa dipisahkan dgn bass. erwin pada Terbaik-terbaik memang mendapatkan porsi bass yg cukup besar ( signifikan dlm sound keseluruhan ) yang pada akhirnya mudah utk dicocokkan dgn permainan rere. dua orang ini melakukan jamming dgn sangat baik.

kelak, dewa berganti drummer bbrp kali dan rere tidak pernah mengisi album mereka lagi. rere sudah hijrah ke band lain. dlm band yovie & nuno, saya gak ngikutin permainannya. begitu dia ngisi Ada band, nah kembali saya mendengarkannya. ini adalah album Ada band setelah vokalis pertamanya cabut ( mas baim ).

Ada band jelas genre yg berbeda dgn dewa apalagi yovie. Ada band sangat kental keyboard dan lirik2 puitisnya. apalagi suara vokalis yg ganteng dan laki poll itu. cewek2 mana pun pasti berjatuhan. tapi peduli setan dgn itu semua, saya sering hanya fokus pada permainan rere pada Ada band.

dari album ke album, saya amati rere sangat konstan dalam hal sound. ini mengingatkan saya dgn semua album led zeppelin. permainan mas bonham memang fenomenal tapi ke-konsisten-an sound nya itu lho. album dewa tentu saja direkam dan diengineer oleh team yg sama dari aquarius. jadi wajar sound nya mirip. tapi begitu masuk Ada band, sound nya masih sama. tentu, ini sebuah pencapaian “engineering” yg bagus.

rere di satu sisi tidak pernah menampilkan musik yg bener2 garang, tempo nya standard saja. tapi variasi bass dan snare nya kadang tidak bisa diduga. salah satu contohnya pada lagu Tak Akan Cinta Yang Lain ( dewa album dua ). di lagu ini, setiap snare dipukul ( pinggirannya ), bass drum jg ikut diinjek. akhirnya snare terdengar sangat dalam. ini tidak biasa.

yg saya ingat, dewa memberikan predikat extravaganza pada permainan rere di album ketiganya. dan again saya pun mengamininya. permainan mas rere emang keren.

5 thoughts on “Rere Sang Drummer

  1. Pingback: Riwayat Drummer Dewa | Selat Penghubung Peradaban

  2. Nartokovic

    Tak kan ada cinta yang lain yg maen drum ronald bukan rere, ketukannya terinspirasi lagu toto

    Reply
    1. dodi Post author

      afrika dari toto ? emang rada mirip. tapi saya tetap berkesimpulan itu adalah rere berdasarkan sound drum nya. bukan ronald.

      Reply
  3. Rahmat

    Tak ada cinta yg lain itu rere yg maen drumnya, tp lebih jelasnya liat di album format masa depan dewa 19 biar lebih jelas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *