Syekh Quro

By | February 22, 2015

image

Salah satu ulama yg pertama kali menyebarkan islam di tanah jawa adalah syekh quro. Saya tidak sempat cari data lebih detil, hanya berdasarkan ingatan saja.

Beliau ada di era pra-demak. Tepatnya masih jaman majapahit. Beliau memilih jawa bagian barat yg saat itu dikuasai pajajaran.

Saat itu prabu siliwangi sempat mendapatkan istri dari padepokan beliau. Itu pun setelah susah payah memenangkan sayembara.

Mendatangi tempat ini tidak sulit. Rute dari bandung :
1. Masuk tol
2. Keluar gerbang tol karawang timur
3. Masuk jalan utama ke arah kota karawang
4. Sampe perapatan pasar Beras Johar, ambil kanan. Perapatan ini cukup besar dan ada lampu merahnya. Begitu ke kanan, nama jalannya adalah jalan syeh quro
5. Dari sini masih menempuh 26 km lagi. Jalanan bagus, sebagian besar sudah beton. tujuan akhirnya adalah desa pulokelapa. Sebelum sampe makam ada kantor kepala desa dgn “patung” kelapa gede banget. Sampe saya mengira ini sedang di kantornya pramuka.

image

Begitu masuk parkiran, bisa lansung masuk ke gerbang makam. Gerbangnya sederhana aja.

image

ikuti gerbang dan lansung masuk ke bagian utama makam. Ada bangunan terpisah, dan di dalamnya ada cungkupnya lagi. Pengunjung hanya sampai sini, gak boleh masuk lebih jauh.

Foto di atas adalah bagian dalam dari arah samping.

Setelah tawasulan, kirim fatehah lalu berdoa sesuai dgn hajat. Apa hajat saya ke sini ? Saya hendak menelusuri lokasi makam-makam wali yg ada di tanah jawa ini. Membaca sejarah dan mendatangi situsnya adalah satu paket wisata sejarah. Kurang lengkap jika hanya membaca sahaja.

Artikel ini pun saya tulis dgn data minim dan kebanyakan hanya cerita folklore yg kemungkinan besar budaya lisan spt ini mudah dicoret sebagai dasar penulisan sejarah modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *