Mirantis

By | October 29, 2014

openstack sudah lama ada. udah mainan ini sejak 3 thn lalu. tapi baru ngeh, skrg udah ada yg menyediakan mainan ini dgn cara yg sangat amat mudah. tinggal jalankan ./launch doang. sisanya tinggal nunggu sampe bego.

namanya mirantis. utk ngejalaninnya perlu 4 VM. tutorialnya ada di sini. bbrp kali instalasi vm ini gak jalan. kayaknya gara2 komputer kehabisan i/o. akhirnya instalasi stuck dan musti diulang. karena gak sabar, instalasi 4 VM ini mau tidak mau harus diulang dari nol sama sekali : terlanjur tekan tombol stop waktu depolyment. harusnya lebih sabar nunggu 🙂

utk instalasi baremetal, instalasi sempet bbrp kali gagal. akhirnya coba ganti port ethernet ke satunya lagi, baru jalan. kayaknya template yg mirantis pakai utk kickstart nya lumayan strict. instalasi bare metal pun blum sempet dilanjutkan. harusnya nyari pc / laptop utk dikorbankan dulu.

tapi yg cukup menjanjikan dari urusan openstack ini adalah penggunaan CEPH sebagai backend storage nya. menarik nih. memang tidak sama antara ceph dan lvm tapi setidaknya  bisa baca ini utk sudut pandang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *