Jalan-jalan Dengan Buku Panduan

By | October 14, 2014

image

Utk jalan ke sebuah tempat, biasanya diperlukan panduan. Minimal sekali, tahu jalannya via rute mana. Pas sampe, sebaik jg tahu mau tidur di mana. Lebih baik lagi, sebelum berangkat harus tahu apa niatnya jalan ke tempat tsb.

Niat utk jalan-jalan yg paling umum adalah utk menghilangkan kebosanan. Mau lihat sesuatu yg baru. Dari sini, tergantung kesenangan dan minat. Sesuatu yg baru bisa mulai dari mall baru, bioskop baru, model baju terbaru sampe mau lihat tapak dan jejak sejarah tempat tsb.

Buat yg suka alam bebas, pak budi brahmantyo sudah bikin buka panduan geotrack. Siapa yg suka sejarah bebatuan, ini buku yg sangat menarik. Lalu, bagi yg suka arsitektur dan kebudayaan, nah ini lah bukunya : Panduan Jelajah Kota-kota Pusaka di Indonesia.

Buku ini full color dgn paperback. Penulisnya seorang ahli pariwisata dan londo, pak Emile Lesuhuis. Dia menyertakan panduan utk kota medan, jakarta, cirebon, bandung, semarang, yogya, solo, surabaya dan malang. Cukup banyak coveragenya.

Bayangkan anda jalan2 utk menikmati arsitektur kota. Melihat2 bangunan bersejarah lengkap dgn info sekilas pembuatan dan latar belakang budayanya. Sebagai intro, setiap kota dijelaskan sejarah awal terbentuknya kota tsb. Hampir semua kota yg dia tulis adalah kota kosong, artinya tidak ada pemukiman sama sekali di tempat2 itu. Alias, itu adalah kota buatan.

Yg menarik, buku dilengkapi peta, runutan perjalanan, gedung dan tempat yg bakal ditemui lengkap dgn photonya. Ini emang disetting utk jalan2, khususnya jalan kaki. Kalo naik kendaraan mustahil bisa melakukan pegamatan detil.

image

Contoh lah istana maimun ini. Dia menggambarkan istana ini dgn cukup detil.

image

Lihat lagi utk kota bandung. Ada peta perjalanan dan titik2 pengamatannya. Tiap2 titik nanti ada keterangan dan photonya.

Terus terang, buku sejenis ini sudah lama saya cari. Yg ada selama ini hanya menerangkan bangunan2 tua. Sedangkan buku ini menerangkan hal yg sama, namun dari sudut pandang penggemar sejarah, arsitektur dan travelling.

Jika anda menyenangi 3 hal tsb, buku ini wajib dibeli 🙂

3 thoughts on “Jalan-jalan Dengan Buku Panduan

  1. Yuni

    Saya sudah tahun mencari buku ini dan NIHIL! 🙁
    Sudah coba cari kemana-mana di Jogya dan Solo, hampir semua toko buku di dua kota tersebut sudah saya datangi dan tanyai, hasilnya sama saja. Dua tahun lalu buku ini saya ketahui dari seorang kenalan baru, saat itu juga saya jatuh cinta dan bertekat harus punya..tapi ternyata sampai sekarang pun belum mendapatkannya. Online shopping juga sudah pernah saya coba, tapi selalu kosong. Bisakah dishare rekan-rekan, saya bisa mendapatkan buku ini dimana ya.
    NB.Di perpustakaan daerah DIY buku ini ada dan hanya satu, itupun tidak boleh dipinjam keluar, karena masuk ke bagian Referensi, sedangkan di Perpustakaan Solo tempat saya domisili juga tidak punya, malah pegawainya baru tau tentang buku ini dari saya 🙂

    Terimakasih banyak
    Salam
    YN

    Reply
    1. dodi Post author

      saya mendapatkan buku ini di rumah buku bandung. ini masih jaringannya group gramedia. saya tidak menyangka kalo buku ini sulit dicari skrg. utk yogya, udah coba pasar buku yg di sebelahnya taman pintar ?

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *